Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Tips Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui



    Selamat Datang di Mysitusmantep

         
             Memiliki buah hati adalah sesuatu yang paling di nantikan dalam sebuah pernikahan. Tak jarang pasangan yang baru menikah ingin cepat-cepat memiliki momongn. Selain sebagai hasil buah dari cinta mereka, sang anak juga akan menjadi penghibur di dalam keluarga. Kehadiran seorang anak tentu akan membuat hubungan menjadi lebih terikat, bahkan mampu menghindarkan keretakan di dalam rumah tangga.

    Sebuah pernikahan tentu di dasari sebuah rasa cinta, cinta inilah yang akan menghadirkan kehidupan baru. Kehidupan baru juga pasti akan memiliki banyak masalah, baik masalah dalam rumah tangga, masa-masa kehamilan dan masa menyusui. Menyusui tentu tidak boleh sembarangan, tentu ada pantangan yang harus di hindari saat menyusui, disinlah kita di tuntut untuk mengetahui hal apa saja harus di kita lakukan dan kita hindari saat menyusui sang buah hati.

    Banyak kesalahan yang sering di lakukan oleh ibu yang sedang menyusui, baik itu kesalahan kecil maupun kesalahan fatal, maka dari itu kita perlu membahas tentang bagaimana tips saat ibu menyusi dan kesalahan apa saja yang harus kita hindari. Nah kali ini kita akan membahas terlebih dahulu apa saja sih kesalahan yang sering ibu itu lakukan saat masa menyusui. Kita ulas semua terlebih dahulu yuk.



    Merawat bayi saat menyusui.


    • Memberikan susu Formula pada si kecil. Susu Formula sebenarnya kurang baik untuk si kecil, alangkah baiknya bila si kecil itu murni di berikan ASI. Susu formula tentu memilliki kandungan yang berbeda dengan ASI, bisa saja ada kandungan yang tidak cocok dengan si bayi, sehingga bisa mengganggu pencernaan si bayi. Jadi sebaiknya hindari susu formula itu lebih baik demi pertumbuhan si kecil. Banyak wanita yang memilih berkarir, sehingga tidak setiap saat bisa menyusui si kecil, sebaiknya hal ini di hindari saja. Menjaga dan merawat anak dengan baik tentu bisa jauh lebih maksimal untuk perkembangan si bayi, dari pada harus meninggalkanya untuk sebuah pekerjaan. Selain akan membuat kita was-was, si bayi juga akan mencari puting ibunya. Selain itu dari sisi agama juga menyusui langsung akan jauh lebih baik, karena di sebutkan dalam sebuah riwayat bahwa setiap teguk ASI yang di minum oleh si bayi akan di hitung sebagai pahala. Jadi selalin baik untuk si bayi, sang ibu juga akan panen pahala lo.
    • Meninggalkan bayi terlalu lama. Terkadang ada saja ibu yang tega meninggalkan bayinya terlalu lama, entah itu untuk urusan pribadi atau pekerjaan. Sebaiknya hal ini jangan sering di lakukan, Selain sang bayi akan mencarinya, tentu sang bayi bisa juga akan merasa kelaparan. Naluri seorang ibu itu lebih peka dari pada pengasuhnya, jadi sang ibu tentu akan lebih paham kapan saat bayi membutuhkan ASI untuknya.
    • Tidak menjaga pola makan. Terkadang ada ibu yang berfikir bahwa memperbanyak porsi makan akan memperbanyak produksi ASI. Sebenarnya produksi ASI itu tergantung dari seberapa sering ibu itu menyusuinya. Jadi jangan biasakan terlalu banyak makan, karena produksi ASI bukan dari banyaknya makanan yang di konsumsi ibunya. Memperhatikan pola makan juga perlu, sebaiknya jangan asal makan, karena kualitas ASI tergantung dengan apa yang di konsumsi oleh ibunya, jadi pilih-pilih makan itu lebih baik. Hindari juga makanan yang pedas dan yang mengandung santan, karena itu juga akan mempengaruhi ASI yang di hasilkan, sehingga di khawtirkan bisa menggangu pencernaan si bayi.
    • Menyusui hingga si bayi tertidur. Menyusui bayi hingga tertidur sebenarnya tidak baik untuk si bayi. Terlalu banyak memberikan ASI pada si bayi tetu akan membuat kekenyangan yang bisa menyebabkan perut si bayi menjadi kembung. Bahkan bayi yang kekenyangan akan muntah bila ASI yang di berikan terlalu banyak, jadi berikan ASI secukupnya saja.
    Setelah kita mengetahui apa saja kesalahan yang sering di lakukan saat ibu menyusui, sekarang kita akan membahas apa saja tips yang harus di lakukan seorang ibu saat menyusui. Hal ini tentu harus kita pelajari demi tumbuh kembang si bayi. Semakin kita tau bagaiman cara yang tepat, tentu akan membuat pertumbuhan bayi semakin bagus.

    1. Mengetahui waktu yang tepat untuk menyusui. Bayi yang menangis belum tentu karena rasa lapar, jadi jangan langsung di susui, sebaiknya cek dulu penyebabnya, bisa jadi karena popoknya basah atau hal lain yang membuat si bayi menangis. Mengetahui waktu yang tepat untuk menyusui tentu jauh akan lebih bermanfaat,dari pada terlalu sering memberikan ASI pada si bayi, terlalu banyak minum ASI tentu bisa menyebabkan perut bayi kembung dan mengalami gangguan tidur, jadi sebaiknya, ketahuilah waktu yang tepat untuk menyusui.

    2. Rutinlah untuk membersihkan puting payudara sebelum menyusui. Kebersihan puting payudara ibu tentu harus selalu terjaga. Selain untuk menjaga kesehatan si ibu, puting payudara yang bersih juga akan melindungi bayi dari kuman yang berbahaya yang berada di puting si ibu. Jadi rutinlah membersihkan puting payudara si ibu sebelum menyusui, supaya bayi terlindung dari kuman.

    3. Mengetahui posisi yang tepat saat menyusui. Posisi yang tepat saat menyusui tentu harus di perhatikan. Posisi yang tepat akan membuat nyaman si bayi saat menyusu pada ibunya. Jadi tempatkan posisi yang nyaman agar bayi juga bisa rileks saat menyusu pada ibunya.

    4. Selalu menjaga pola makan. Makanan yang sehat tentu akan menghasilkan ASI yang sehat pula. Jadi perhatikanlah makanan yang akan di konsumsi oleh si ibu. Sebaiknya hindari makanan junkfood, Makan pedas dan makan yang bersanatan. Hindari pula meminum kopi, karena cafein di dalam kopi tentu tidak baik untuk produsi ASI si ibu, jadi sebaiknya pilihlah makanan yang akan menjaga kualitas ASI si ibu.

    5. Selalu siap memberikan ASI. Saat si bayi membutuhkan ASI, ibu harus selalu siap untuk memberikanya. Jangan ragu ataupun takut walau mungkin puting si ibu terasa nyeri saat si bayi menyusu. Rasa nyeri yang di rasakan tentu memang menyakitkan, tapi tentu si bayi juga harus teratur menerima ASI dari si ibu. Jadi jangan ragu untuk selalu memberikan ASI pada si bayi.

    6. Selalu membersihkan ASI yang menempel di kulit bayi. Membersihkan ASI yang menempel di kulit bayi juga harus selalu di lakukan. ASI yang tumpah ke kulit bayi akan membuat iritasi pada kulit, biasanya kulit yang terkena ASI akan timbul bercak merah di kulitnya,sehingga rutinlah membersihkan ASI yang tumpah, supaya kulit bayi tetap halus.

    7. Memperhatikan jumlah produksi ASI. Kelancaran produksi ASI juga harus selalu di perhatikan, supaya saat bayi meminta ASI kebutuhanya selalu tercukupi. Terkadang produksi ASI memang tidak menentu, bisa kekurangan, bisa juga berlebihan, sehingga sebagai ibu, alangkah baiknya selalu memperhatikan produksi ASI di dalam payudaranya.

    8. Sabar saat menyusui. Kesabaran ibu yang sedang menyusui juga harus di tingkatkan. Biasanya si ibu akan merasa jenuh bila berlama-lama menyusui si bayi. Nah, disinilah si ibu di tuntut untuk bisa bersabar. Biasakan untuk selalu mengontrol emosi saat menyusui, hal ini supaya si bayi juga bisa tenang saat menyusu pada si ibu. Jadi belajarlah untuk terus bersabar saat menyusui si bayi.

    9. Jangan menyusui bayi sambil tertidur. Biasanya ibu yang sedang menyusui justru ikut tertidur pulas. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi si bayi, selain resiko bayi yang bisa tersedak, si bayi juga bisa tertindih payudara si ibu sehingga membuat bayi sulit bernafas. Hal ini tentu sangat berbahaya sekali. Jadi sebaiknya jangan biasakan untuk tertidur saat menyusui, demi menjaga keselamatan si bayi pastinya.

    10. Selalu mendampingi si bayi. Selalu mendampingi si bayi juga itu penting, jangan membiarkan si bayi di tinggal terlalu lama. Naluri seorang bayi tentu yang di cari ibunya, bukan bapaknya, neneknya apalagi pengasuhnya. Jadi selalu dampingi si bayi supaya bayi bisa merasa aman dan nyaman.


           Pentingnya perhatian saat ibu menyusui pasti akan membuat si bayi merasa bahagia. Jadi rawatlah si bayi dengan kasih sayang. Perhatikanlah hal-hal yang bisa membahayakan bagi kesehatan si bayi terutama saat masa menyusui. Biasakan untuk terampil dalam merawat si bayi, supaya kebutuhan si bayi selalu tercukupi.

    Selalu hidup sehat itu penting, supaya si bayi bisa tumbuh menjadi anak-anak yang sehat, cerdas dan kuat. Terus belajar itu wajib, supaya kita bisa paham bagaimana cara menjadi ibu yang baik bagi anak-anak kita. Biasak an untuk membaca, karena dengan membaca kita bisa menambah ilmu. Jadi teruslah mencari ilmu, supaya kita tidak salah dalam merawat anak-anak kita. Semoga apa yang saya jelaskan bisa bermanfaat bagi para ibu.



     Cara mendidik anak sejak dini
    Tips Memiliki Keluarga Bahagaia
     Tips Hidup Sehat
     Tips Memiliki Pasangan Ideal


    2 comments:

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728