-->

15 Tanda Awal Kehamilan Pada wanita



Selamat Datang di Mysitusmantep


      Ibu yang sedang hamil tentu memiliki banyak masalah, terutama saat usia kehamilan 0-3 bulan. Banyak sekali hal yang tentu membuat perubahan bagi si ibu. Mulai dari bentuk tubuh, hingga masalah kesehatan yang sering terganggu.

Banyak hal-hal baru yang akan di alami oleh ibu yang sedang hamil, bahkan terkadang ibu yang baru pertama kali hamil, tidak menyadari bahwa apa yang ia rasakan adalah sebuah tanda  bahwa ada janin yang sedang tumbuh di dalam perutnya. Nah, untuk mengetahui tanda-tanda apa saja yang di rasakan saat ibu hamil muda, yuk kita ulas semua disini.




Beberapa tanda saat ibu hamil muda




1. Sering muntah. Biasanya ibu yang sedang hamil muda akan mengalami muntah-muntah. Hal ini di sebabakan karena penigkatan hormon HGC ( Human Chorionic gonadotrophin ). 
Peningkatan hormon akan membuat perut terasa mual-mual, bahkanan akan membuat si ibu sering buang air kecil. Memang tidak semua ibu mengalami hal ini, tapi alangkah baiknya bila si ibu memeriksakanya ke dokter, supaya bisa mengetahui penyebab ibu sering muntah-muntah, atau bisa juga di tes menggunakan alat tes kehamilan, supaya ibu bisa memastikan apakah ibu hamil atau tidak.

2. Perubahan bentuk payudara. Perubahan bentuk pada payudara juga bisa menandakan bahwa ibu sedang hamil. Biasanya payudara akan semakin membesar dan akan terasa sensintif bila terjadi sentuhan. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon yang memicu perubahan bentuk payudara.

3 Pusing di kepala. Ibu yang sedang hamil muda juga akan mengalami pusing di kepalannya, hal ini juga biasanya di sertai rasa mual-mual dalam perut si ibu. Biasanya pusing di kepala akan terjadi saat kandungan berusai 1-3 bulan, jadi kalo kepala ibu sering pusing, bisa jadi ada janin yang tubuh di perut ibu, untuk memastikanya ibu bisa mengetesnya dengan alat tes kehamilan, atau bisa juga memeriksakanya ke dokter.

4. Nyidam. Menginginkan makanan yang tidak biasa di konsumsi juga bisa menjadi petanda bahwa ibu sedang hamil. Saat nyidam biasanya si ibu menginginkan makanan yang asam, manis maupun asin. Tentu makanan yang di minta tidak seperti makanan yang biasa di konsumsi, jadi kalo terjadi hal semacam ini, bisa jadi ibu sedang hamil muda. Namun terkadang juga ada ibu-ibu yang nyidamnya itu aneh, bukan meminta makanan, tapi menginginkan hal-hal lain. Jadi kalo masih bisa di penuhi oleh si suami, lebih baik lakukan ya, demi janin di perut si ibu.

5. Badan terasa lesu. Ibu yang sedang hamil muda juga biasanaya akan terasa lesu. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon di dalam tubuh si ibu, yang akhirnya membuat badan si ibu terasa lesu.

6 Nafsu makan berkurang. Biasanya ibu yang sedang hamil juga nafsu makanya berkurang,
Nafsu makan berkurang bisa di sebabkan karena perut yang mual dan hormon progersteron. Hormon progersteron juga dapat menggangu pencernaan yang ahirnya membuat nafsu makan si ibu berkurang.

7. Perut yang membesar. Perut ibu yang sedang hamil otomatis akan semakin membesar. Semakin lama umur kandungan maka perut ibu juga aka semakin membesar. Ini di sebabakan karena perkembang janin di dalam perut yang terus berkembang.

8. Sering meludah. Terjadinya perubahan hormon estrogen pada ibu, membuat ibu sering sekali meludah. Hal ini juga karena perut yang sering terasa mual sehingga membuat ibu ingin sering meludah.

9. Terlambat haid. Ibu yang telat haid biasnya menjadi petanda kehamilan bagi seorang ibu. Apabila sampai terlambat haid sebaiknya periksalah kedoter untuk memastikan bahwa ibu sedang hamil atau tidak.

10. Keluar flek hitam. Biasanya flek akan keluar di iringi rasa nyeri. Rasa nyeri yang di rasakan seperti ketika akan keluar haid. Biasnya flek yang keluar itu di sebabkan karena proses penempelan janin di rahim ibu.

11. Detak jantung akan meningkat. Jantung ibu yang sedang hamil akan berdetak lebih cepat dari pada biasanya. Ini di sebabkan karena jantung bukan hanya memompa darah di dalam tubuh si ibu saja, melainkan jantung juga akan memompa darah kedalam janin yang sedang berkembang.

12. Perut kembung dan sembelit. Biasanya ibu yang sedang hamil juga akan mengalami kembung di perutnya. Perut juga akan mengalamai sembelit seperti akan haid.

 13  Peka terhadap bau. Ibu yang sedang hamil juga akan lebih peka dalam mencium aroma sesuatu, ini di sebabkan karena pengaruh hormon sehingga akan membuat ibu lebih peka terhadap sesuatu yang memunculkan bau.

14. Terjadi keputihan. Keputihan juga biasanya akan terjadi pada ibu yang sedang hamil, biasanya keputihan yang muncul berfungsi untuk menjaga reproduksi supaya bersih dari infeksi. Tapi harus di waspadai juga, keputihan juga bisa terjadi karena jamur, jadi sebaiknya periksalah ke dokter supaya bisa mengetahui penyebab terjadinya keputihan.

15. Perubahan fisik pada ibu. Ibu yang sedang hamil tentu akan mengalami banyak perubahan pada fisiknya, perut yang semakin membesar, pinggul yang semakin melebar dan payudara yang membesar pula. Ini biasa terjadi pada ibu yang sedang hamil, dan biasanya perubahan akan terlihat jelas saat umur kandungan semakin menua. 


     Inilah beberapa tanda yang umumnya terjadi pada ibu yang sedang hamil. Setiap ibu pasti akan mengalami tanda-tanda pada kehamilannya, namun setiap ibu pasti juga akan mengalami tanda-tanda yang berbeda pula. Namun setidakanya penjelasan di atas bisa menjadi acuan supaya kita bisa mengetahui kehamilan lebih dini.



Tips untuk ibu hamil
 Tips Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui
Tips Memiliki Pasangan Ideal
Tips Hidup Sehat

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter