Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Tips Untuk Ibu Yang Sedang Hamil


    Selamat Datang di Mysitusmantep
          Memiliki buah hati tentu sangat mebahagiakan hati, apalagi  untuk pasangan muda yang baru akan memiliki momongan, tentu hal ini yang selalu di impi-impikan. Namun memiliki buah hati juga tidak semudah yang di bayangkan, banyak hal yang harus kita ketahui supaya sang buah hati bisa tumbuh sehat dan cerdas.

    Bukan saat membesarkan sang buah hati saja yang harus kita pelajari, namun saat si buah hati masih berada di dalam kandungan juga butuh perhatian lebih supaya bayi di dalam kandungan tetap sehat. Banyak sekali wanita yang belum faham tentang apa saja yang harus di lakukan saat hamil, supaya bayi yang ada di dalam kandungan bisa tetap sehat dan mampu mempermudah proses kelahiran.

    Nah, demi menjaga sang buah hati tetap sehat tentu kita harus tahu dulu, apa saja sih tips yang harus di lakukan supaya bayi tetap sehat, dan persalinan juga lancar. Supaya kita bisa tahu, alangkah baiknya kita simak yuk tips yang akan kita ulas.




    menjaga kandungan agar tetap sehat


    Beberapa tips yang harus di perhatikan saat hamil supaya ibu dan bayi tetap sehat.

    1. Menjaga asupan gizi. Menjaga asupan gizi sangat di perlukan bagi ibu yang sedang hamil, selain untuk memenuhi kebutuhan untuk sang ibu, janin yang ada di dalam kandungan juga sangat membutuhkan asupan gizi. Hal ini bertujuan untuk mempercepat petumbuhan janin yang ada di kandungan. Jadi perbanyaklah makanan yang mengandung gizi, supaya ibu dan janin tetap sehat hingga proses melahirkan.
    2. Mengkonsumsi vitamin. Vitamin juga sangat di butuhkan bagi ibu yang sedang hamil. Mengkonsumsi vitamin sangat berperpengaruh bagi tumbuh kembang si bayi, vitamin bisa di peroleh dari suplemen ataupun buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Namun di saranakan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin, selain lebih sehat, buah-buahan juga lebih aman di konsumsi dari pada suplemen. Jadi cukupi vitamin bagi ibu hamil dengan memperbanyak mengkonsumsi buah segar.
    3. Rutin olahraga. Olahraga juga bagus untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan, selain itu berolahraga juga akan memepermudah proses kelahiran si bayi. Jadi rutinlah untuk berolaharaga, supaya ibu dan bayi tetap sehat. Tapi di saranakan untuk melakukan olahraga yang ringan saja, supaya tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.
    4. Hindari setres. Setres karena banyak pikiran itu akan membahayakan bagi janin yang ada di dalam kandungan, jadi sebaiknya hindari hal-hal yang membuat setres. Perbanyaklah mengisi waktu yang menyenakan supaya tidak banyak beban pikiran yang akhirnya membuat anda setres. Ingat ya, setres berlebih juga sangat membahayakan bagi si janin lo, bahkan beresiko keguguran, jadi benar-benar harus di perhatikan.
    5. Hindari rokok dan minuman yang beralkohol. Mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol sangat membahayakan, bukan untuk sang ibu saja, tapi juga untuk si janin. Bahkan mengkonsumsi Rokok dan minuman beralkohol dapat memyebabkan keguguran dan kecacatan bagi si bayi, jadi hindari hal tersebut supaya ibu dan si bayi tetap sehat.
    6. Rutin kontrol ke dokter. Memeriksa kesehatan ibu dan janin sangat di perlukan, itu bertujuan supaya kita mengetahui kondisi perkembangan janin di dalam kandungan, jadi rutinlah untuk memeriksakanya ke dokter supaya kita bisa memantau kesehatan ibu dan bayi.
    7. Tidak boleh terlalu lelah. Jagalah kondisi tubuh dengan melakukan aktifitas yang ringan saja, usahakan jangan melakukan aktifitas yang berat. Terlalu lelah juga tidak baik untuk kondisi ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Jadi lakukan aktifitas yang tidak menguras banyak tenaga, itu supaya kondisi ibu dan bayi tetap fit dan segar.
    8. Menjaga waktu tidur. Tidur teratur juga perlu, itu supaya badan tetap sehat dan tidak terlalu lelah. Kurang tidur tentu sangat membahayakan bagi ibu dan janin yang ada dalam kandungan, jadi jagalah pola tidur supaya tidak membahayakan bagi pertumbuhan si janin.
    9. Menjaga pola makan. Makanlah yang teratur supaya kebutuhan kalori di tubuh tercukupi, selain untuk kesehatan sang ibu, tentu juga akan membantu proses tumbuh kembang si bayi. Jadi makanlah yang teratur dengan makanan-makanan yang sehat supaya mampu mencukupi kebutuhan bayi di dalam kandungan.
    10.  Memperbanyak membaca Al-QURAAN. Dari pada memperdengarkan musik bagi janin yang ada di dalam kandungan, alangkah baiknya kita menggantinya dengan mebacakan Al-Quraan saja, tentu kalo anda seorang muslim pastinya. Kenapa? karena manfaatnya jauh lebih banyak dari pada harus mendengarkan musik. Selain akan membuat sang anak cerdas bila sudah dewasa, memperdengarkan musik juga akan membuat janin itu merasakan bahagia lo, selain itu juga akan membuat janin merasa lebih tenang. Bahkan kelak ketika dewasa, sang anak akan lebih mudah mengontrol emosinya, dan juga pasti akan lebih mudah mengarahkan anak kita agar lebih agamis.
    11. Memperbanyak sholat sunah. Sholat juga bagus lo bagi ibu yang sedang hamil, selain bisa mengatur pernafasan saat sujud, ternyata saat sholat juga bisa memperbaiki posisi janin di dalam kandungan. Selain itu juga akaan melancarkan ASI  dan memudahkan saat proses kelahiran. Jadi perbanyaklah sholat sunah ya, Kenapa sholat sunah yang harus di tambah? karena yang wajib kan sudah di atur waktu dan jumlahnya, jadi ga boleh di tambah apalagi di kurangi. Tapi kalo sholat sunah, kita bisa memperbanyak jumlahya, tentu juga harus sesuai dengan apa yang sudah di ajarkan oleh nabi kita ya. Jadi jangan asal sholat. 
    12. Hindari obat yang tidak sesuai resep dokter. Berhati-hatilah saat mengkonsumsi obat, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter ketika akan mengkonsumsi obat, karena salah sedikit saja akan membahayakan bagi si janin. Jadi jangan biasakan mengkonsumsi obat sembarangan, karena itu sangat berbahaya. Lebih baik konsultasi ke dokter ataupun ke ahlinya terlebih dahulu, demi menghidari hal-hal yang tidak di inginkan.
    13. Jangan biasakan meminum air yang dingin/es. Minuman dingin memang menyegarkan, tapi tidak boleh terlalu banyak meminumya, apalagi saat hamil, itu tentu tidak boleh. Karena biasanya terlalu banyak mengkonsumsi air dingin akan membuat air ketuban menjadi banyak sehingga perut akan terlihat sangat besar. Jadi kurangi mengkonsumsi air dingin yah, supaya saat melahirkan, air ketubanya juga tidak telalu banyak.
    14. Hindari makan yang pedas. Sebaiknya kurangi makana yang pedas, selain bisa membuat perut sakit, makanan yang pedas juga akan membuat panas di dalam tubuh, jadi sebaiknya hindari makan yang pedas supaya kondisi tubuh tetap terjaga.
    15. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Air putih sangat baik bagi tubuh, terutama saat hamil. Selain menghilangkan haus, air putih juga akan membuat cairan di tubuh itu terpenuhi, jadi dapat mengurangi dehidrasi bagi tubuh dan janin di dalam kandungan. Sebaiknya rutinlah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, supaya badan tetap sehat dan bugar.  
                 Nah, itulah beberapa hal yang harus di perhatikan bagi ibu hamil. Tentu sebagi ibu kita harus selalu menjaga buah hati kita agar tetap sehat di dalam kandungan. Menjaga kesehatan itu yang paling utama, supaya pertumbuhan si bayi di dalam kandungan tidak terhambat.

    Setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, jadi jagalah buah hati dengan terus menjaga pola hidup anda. Hindarkan dari sesuatu yang dapat membahayakan bagi anda dan janin yang berada di dalam kandungan. 

    Semoga dengan menerapkan pola hidup yang benar, anda bisa memiliki keluarga yang bahagai dan anak-anak yang cerdas. Segala sesuatu butuh pengetahuan, jadi gailah ilmu dengan membiaskan diri  untuk membaca, karena ilmulah yang akan membuat hidup anda menjadi lebih bermakna.



    1 comment:

    1. IONQQ**COM
      agen terbesar dan terpercaya di indonesia
      segera daftar dan bergabung bersama kami.
      p1n bb:*58ab14f5

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728